Selasa, 04 Desember 2012

3Ds MAX

3D STUIDIO MAX

3D Studio Max atau biasa dikenal dengan 3D Max adalah suatu software (Perangkat lunak) untuk membuat sebuah grafik vektor 3 dimensi dan animasi. ditulis oleh Autodesk Media & Entertainment, dulunya dikenal sebagai Discreet and Kinetix. 3D Studio Max dikembangkan dari pendahulunya yaitu 3D Studio for DOS, tetapi untuk platform Win32.
Kinetix kemudian bergabung dengan akuisisi terakhir Autodesk, Discreet Logic. Yang sampai saat penulis membuat artikel ini yang terbaru adalah 3D Studio Max versi 9. Para desain grafis banyak menggunakan software ini digunakan untuk membuat sebuah film animasi, arsitektur rumah, ataupun membuat logo suatu perusahaan.

Untuk menjalankan aplikasi ini membutuhkan spesifikasi komputer yang cukup tinggi agar mendapat kenyamanan saat menggunakannya. Karena banyak proses yang membutuhkan grafik yang tinggi untuk melakukan rendering dan sebagainya.

3D Studio Max

3D Studio Max adalah perangkat lunak untuk pembuatan animasi tiga dimensi. Sejak pertama kali dirilis oleh Autodesk, 3D Studio Max menjadi pemimpin aplikasi pembuatan animasi tiga dimensi. Sejak versi ke empat, Discreet sebagai penerus, berusaha untuk meluaskan area fungsinya sehingga dapat digunakan untuk membuat animasi bagi Web atau film. Versi 5 yang lebih baru, sudah mengarah kepada perluasan fungsi tersebut, ditunjukkan dengan adanya pengembangan polymodelling, mapping dan beberapa beberapa revisi pada tools untuk animasi. Reactor sebagai salah satu fitur pada versi tersebut, telah terintegrasi dengan interface 3D Studio Max dan menyediakan tools untuk membuat simulasi.
3D Studio Max sering dipergunakan untuk membuat model dan animasi pada bidang Arsitektur dan Desain Interior. Selain itu, banyak pula digunakan di dalam seni digital dan pembuatan game.

■ AutoCAD

AutoCAD adalah perangkat lunak yang digunakan untuk mendesain gambar teknik, terutama dalam pembuatan gambar desain arsitektur, teknik mesin, maupun konstruksi. AutoCAD adalah salah satu dari banyak perangkat lunak teknik yang dikeluarkan oleh Autodesk Inc. Ciri khas gambar teknik yang terukur dan akurat dapat diwadahi oleh AutoCAD, sehingga kemudian AutoCAD banyak dipergunakan di kalangan teknik. Kelebihan dari perangkat lunak ini adalah kemampuannya dalam pembuatan gambar konstruksi, baik bentuk dua dimensi maupun tiga dimensi.

■ CAD

CAD adalah singkatan dari Computer-Aided Design, atau Merancang Dibantu Komputer. Penggunaan teknologi komputer dalam bidang perancangan, khususnya dalam proses draft­ing atau pembuatan gambar teknik dan rekayasa. Pada awalnya software CAD dikembangkan dengan bahasa pemrograman seperti For­tran. Namun, dengan kemajuan dari metode Object-Oriented Programming, perubahan besar-besaran dilakukan pada CAD. Software CAD modern yang banyak digunakan saat ini dibangun dengan modul utama dari ba­hasa C dengan API khusus yang dimilikinya sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar